Shopify: Solusi Cerdas untuk Membuat Toko Online Anda Sendiri

shopify-article

Belakangan ini dua E-Commerce adidaya di Indonesia, Shopee dan Tokopedia mengumumkan untuk menaikkan biaya layanan dari aplikasi mereka untuk penjual. Shopee terlebih dahulu mengumumkan kenaikan ini dari yang semula berkisar 6% – 6,5% menjadi 8% untuk Star Seller dan Star+ Seller dengan kategori toko A, efektif per 1 September 2024. Disusul dengan Tokopedia juga naik dari yang semula maksimal 6,5% menjadi 10% untuk Power Merchant dan Power Merchant Pro, efektif per 16 September 2024. Kenaikan ini bisa membuat pemilik toko berpikir dua kali untuk membuka toko di dua E-Commerce tersebut. Sebagai alternatif, Shopify menawarkan solusi untuk membangun toko online sendiri dengan kendali penuh atas bisnis tanpa potongan biaya yang tinggi, memungkinkan pemilik usaha menjalankan bisnis lebih mandiri dan menguntungkan.

 

Apa itu Shopify ?

Shopify adalah sebuah platform e-commerce yang memungkinkan individu dan bisnis untuk membuat, mengelola, dan mengembangkan toko online mereka sendiri dengan mudah. Dengan Shopify pemilik toko dapat menjual produk mereka langsung pada website dan juga menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada Shopify untuk membuat platform e-commerce mereka sendiri sesuai dengan selera kustomisasi masing-masing.

 

Mengapa Shopify ?

Shopify memiliki reputasi yang baik terbukti dengan banyak merk besar yang telah bekerja sama dengan Shopify untuk membangun ekosistem e-commercenya, seperti GymShark, Red Bull, Hasbro dan masih banyak lagi. Selain itu, setup dan inisiasi toko online menggunakan Shopify dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, sangat mempersingkat waktu untuk anda yang ingin segera memulai atau ingin mengubah toko online yang semula menggunakan layanan e-commerce lain dan bermigrasi ke Shopify. 

 

Kelebihan Shopify

Selain e-commerce yang dapat berdiri sendiri, Shopify juga menawarkan beberapa kelebihan atau fitur:

1. Interface yang User-Friendly dan Sedikit Code

User Interface yang ditawarkan Shopify kepada penggunanya bisa dikatakan simpel sehingga memungkinkan semua orang dapat mengoperasikannya secara mudah. Pembuatan e-commerce menggunakan Shopify juga bisa dilakukan tanpa coding. Coding dapat digunakan untuk kasus-kasus yang memerlukan command atau script tertentu. Shopify juga menawarkan beberapa templat untuk tema website dan komponen, yang memungkinkan pembuatan website lebih cepat.

 

2. Harga yang Terjangkau dan Transparan

Shopify menawarkan biaya langganan bulanan yang disepakati di awal. Paket dengan harga paling terjangkau yang ditawarkan Shopify adalah 19 USD per bulan atau sekitar 290 ribu rupiah. Shopify hanya menerapkan biaya layanan sebesar 2% dari tiap penjualan. Paket tersebut sudah termasuk: 10 lokasi inventory, customer support 24/7, pembuatan e-commerce dengan 3 market negara dan juga sistem pembayaran yang terintegrasi.

 

3. Fitur E-commerce yang lengkap

Walaupun Shopify adalah e-commerce yang dapat dikustomisasi sendiri, fitur pada Shopify juga tak kalah dengan e-commerce diluar sana. Berikut adalah fitur e-commerce  yang penting dan tersedia di Shopify:

  1. Sistem Pembayaran yang Aman
    Shopify mendukung lebih dari 100 payment gateway di seluruh dunia. Pilihan metode pembayaran juga sangat beragam. Mulai dari E-Wallet, Kartu Kredit dan Kartu Debit jenis apapun dapat digunakan sebagai metode pembayaran yang akan memudahkan pembeli ketika bertransaksi di toko online milik anda. Dan yang paling penting, semua itu bebas biaya layanan transaksi 3rd Party. Hanya 2% yang telah disetujui di awal pembelian paket (Untuk paket paling terjangkau).
  2. Inventory Management
    Shopify juga memiliki sistem Inventory Management sendiri, untuk mengelola stok produk yang anda miliki. Sistem tersebut juga terhubung langsung dengan toko online anda. Ketika stok produk habis, maka status terjual akan otomatis muncul di produk tersebut dari sisi pembeli. Sistem ini juga dapat mengirim untuk melakukan restok ketika stok produk sudah menipis.
  3. SEO dan Tools Marketing
    Fitur ini adalah salah satu pembeda dengan e-commerce diluar sana. Fitur ini dapat meningkatkan visibilitas toko online anda di search engine. Dengan visibilitas yang baik, semakin banyak calon orang akan melihat dan mengakses toko online anda yang akan berpotensi menaikkan jumlah pembeli. Fitur ini juga dapat diintegrasikan dengan sosial media dan tools marketing lain yang mungkin sudah anda miliki.
  4. Responsif pada resolusi Ponsel
    Hanya karena Shopify berbasis web, tidak menurunkan kemungkinannya untuk diakses melalui ponsel. Ketika anda mendesain toko online anda menggunakan Shopify, Shopify akan secara pintar melakukan penyesuaian untuk versi ponsel. Sehingga toko online juga dapat dilihat secara baik di resolusi ponsel. Anda juga dapat melakukan kustomisasi desain pada platform ponsel.

 

4. Fleksibilitas dengan skala bisnis

Dari segi skala bisnis, Shopify memiliki beberapa paket yang dapat menyesuaikan hampir segala jenis bisnis. Baik dari startup kecil hingga bisnis besar, Shopify dapat berkembang seiring dengan toko online anda berkembang. Untuk upgrade paket dapat dilakukan semudah mengklik tombol. 

 

5. Ekosistem ekstensif

Ketika anda membuka akun Shopify, anda dapat membuka ekosistem baru yang dapat diterapkan ke dalam toko online anda. Anda dapat menggunakan software analytics, marketing, CRM dan masih banyak lagi. Ekosistem Shopify memungkinkan toko online ada dapat terintegrasi dengan puluhan bahkan ratusan software lainnya untuk meningkatkan performa toko online anda untuk mendapatkan lebih banyak revenue.

 


Jadi, tunggu apalagi ? Segera aktifkan Shopify untuk meningkatkan performa toko online anda tanpa ketergantungan dengan e-commerce lain diluar sana.  Bingung untuk memulai ? Ematic Solutions memiliki solusinya untuk anda. Dengan reputasi yang baik, Ematic Solutions akan membantu anda untuk memulai atau melanjutkan bisnis yang telah anda miliki. Ematic solutions memiliki tim untuk membantu anda membuat dan mengelola toko online berbasis Shopify milik anda. Untuk detail lengkap kunjungi Ematic Solutions – Shopify Services

Facebook
LinkedIn
Twitter
WhatsApp
Email
shopify-article

if you want to learn more about the trends